Cara Menjual Barang Lewat Internet

Cara Menjual Barang Lewat Internet Bukan Sekedar Punya Website

Cara Menjual Barang Lewat InternetBanyak yang menyangka, bahwa cara menjual barang lewat internet, cukup dengan hanya memiliki sebuah website. Website memang alat untuk menjual barang di internet. Namun, hanya alat, bukan segalanya. Yang namanya alat, tentu harus digunakan, tidak dibiarkan begitu saja. Sebuah alat tidak akan memberikan manfaat jika alat itu tidak digunakan secara baik.

Memiliki website adalah langkah awal dan langkah penting dalam cara menjual barang. Artinya diperlukan langkah-langkah selanjutnya agar website Anda benar-benar menjual barang Anda. Tidak sedikit, para pebisnis yang memiliki website tetapi tidak memberikan penjualan yang berarti.

Anda Tidak Boleh Melupakan Strategi Pemasaran

Sekali lagi, website dan juga internet bukan segalanya. Adalah salah, jika Anda beranggapan cara menjual barang via internet itu akan memberikan kemudahan seperti hanya menekan tombol dan uang pun mengalir. Cara menjual barang via internet tetap harus memperhatikan strategi pemasaran secara utuh, strategi yang sama yang dilakukan secara offline.

Internet maupun website adalah alat untuk mempermudah Anda melakukan strategi dan taktik pemasaran Anda. Artinya tetap mengacu kepada strategi yang sudah Anda buat, tidak berdiri sendiri atau bahkan tidak memiliki strategi pemasaran. Cara menjual barang lewat internet tetap memerlukan strategi pemasaran karena semua aktivitasnya tetap harus mengacu kepada strategi pemasaran bisnis Anda. Internet hanyalah melengkapi marketing mix yang sudah ada.

Berbagai Cara Menjual Barang Lewat Internet

Ada banyak cara atau teknik menjual barang lewat internet. Anda bisa memilih atau mengkombinasikan berbagai teknik dibawah ini.

Gunakan Toko Online

Toko Online adalah salah satu jenis website yang biasa digunakan untuk menjual multi produk, dilengkapi dengan sistem pemesanan bahkan ada yang sampai dengan sistem inventori. Banyak program yang bisa digunakan untuk membuat toko online. Prestashop adalah salah satu program yang cukup populer saat ini, contohnya adalah Raja Jaket dan Kelontongan. Selain menggunakan prestashop Anda juga bisa menggunakan wordpress untuk membuat toko online seperti Alat Peraga Edukatif.

Cara Menjual Barang Via Blog

Blog adalah salah satu jenis website dengan banyak manfaat. Jika Anda menjual produk tidak dengan transaksi langsung, hanya ingin memberikan informasi selengkap mungkin, memberikan update produk, dan berinteraksi dengan calon pelanggan Anda, maka blog bisa menjadi pilihan yang tepat.

Blog bukan berarti harus blogspot atau wordpress.com saja. Kedua website ini hanyalah sebagian dari penyedia jasa pembuatan blog. Untuk pebisnis prefesional, disarankan memiliki blog yang profesional dengan domain dan hosting yang berbayar. Jangan sampai menurunkan kredibilitas Anda dengan menggunakan domain dan hosting gratisan. Contoh blog dengan domain dan hosting berbayar adalah website yang sedang Anda baca ini.

Cara menjual barang via blog ialah dengan memberikan penjelasan via blog Anda. Blog juga memberikan peluang untuk berinteraksi dengan calon pembeli Anda via komentar. Anda juga bisa menulis review dan pre-selling dengan tulisan di blog Anda. Cara menjual barang via blog pada intinya mengatur konten Anda untuk meyakinkan calon pembeli membeli produk Anda.

WordPress (hosting sendiri) adalah salah satu platform yang banyak digunakan untuk membuat blog dengan domain dan hosting berbayar. Kami siap membantu Anda membuat blog profesional dengan hosting dan domain berbayar, desain sesuai dengan produk atau jasa Anda, dan juga sudah dioptimasi agar mudah ditemukan di internet.

Apa Itu Sales Letter?

Sales letter adalah sebuah surat penjualan yang ditulis dalam 1 halaman website. Ini adalah salah satu teknik menjual langsung. Sama dengan surat langsung yang Anda kirim secara offline, website jenis ini menjual secara langsung. Biasanya tampilan dan kata-kata sales letter benar-benar berisi penjualan dengan bahasa yang menjual (membujuk) pembacanya untuk membeli. Sebagai contoh adalah Belajar Bahasa Inggris dan Kopi Luwak Asli.

Facebook Fan Page

Jangan lupakan dengan facebook, kecuali Anda mau mengabaikan potensi pasar yang besar, 750 juta orang pasar dunia dan sekitar 40 juta pasar Indonesia. Anda bisa menjual barang Anda via halaman facebook yang dulu dikenal dengan fan page.

Contoh-contohnya:

Banyak pebisnis yang membuat profil untuk menjual. Sebenarnya ada beberapa keterbatasan menggunakan profil untuk menjual barang via facebook, salah satu keterbatasannya ialah teman yang hanya dibatasi 5.000 orang saja, sementara halaman facebook bisa memiliki penggemar dengan jumlah yang tidak terbatas.

Selain facebook, tentu Anda juga bisa menjual dengan menggunakan social network lainnya seperti twitter, koprol, google plus, dan lain-lain.

Berbagai Layanan Iklan

Ya, banyak layanan iklan yang memungkinkan Anda untuk menjual barang via internet. Ada banyak iklan gratis dan layanan lainnya. Silahkan cari di google dan jumlahnya banyak. Apakah cukup efektif menggunakan layanan iklan tersebut?

Bisa memberikan hasil, jika Anda menggunakannya dengan strategi yang benar. Kemudian tidak lupa tetap dilengkapi oleh website profesional untuk menjaga kredibilitas bisnis Anda.

Email Marketing

Cara menjual barang lewat internet bisa dilakukan juga dengan email. Jangan salah, bukan berarti Anda membeli data base email kemudian mengirimnya dengan software tertentu. Hati-hati, ini SPAM yang bisa merusak kredibilitas bisnis Anda. Jadi gunakan email marketing atau pemasaran email dengan cara yang benar, yaitu mengirim email dengan ijin. Jika Anda menerima email dari kami, artinya Anda sudah mengijinkan kami mengirim email kepada Anda, yaitu Anda mendaftar newsletter atau daftar email kami.

Begitu juga dengan Anda, Anda bisa memasang formulir pendaftaran di website Anda. Maka Anda bisa mengirim email untuk menjalin hubungan baik dan tentu penawaran produk atau jasa Anda.

Bagaimana caranya melakukan pemasaran email dengan cara yang baik? Salah satunya ialah dengan menggunakan autoresponder. Anda bisa menerima pendaftaran dengan formulir khusus, kemudian email calon pelanggan Anda akan tersimpan dengan baik, dan Anda bisa mengirim email baik secara otomatis atau manual. Autoresponder yang kami gunakan adalah Mulxim, termasuk yang terbaik di Indonesia dengan harga yang rasional.

Kesimpulan

Ada banyak cara menjual barang lewat internet. Anda bisa memilih dan mengkombinasikan berbagai cara tersebut, diintegrasikan dengan marketing mix Anda dan jangan lupa jaga kredibilitas Anda dengan website yang profesional dan menghindari SPAM.

Mudah-mudahan artikel ini memberikan pemahaman yang memadai bagi Anda tentang cara menjual barang lewat internet.



E-mail address

About Rahmat Mr. Power

Rahmat adalah penulis, trainer, dan pembicara motivasi, pengembangan diri, dan pemasaran internet untuk jasa dan produk fisik Anda. Spesialisasi pemasaran internet pada BSM Marketing (Blog and Social Media Marketing). Anda bisa menghubunginya di 085861955031

4 Responses to “Cara Menjual Barang Lewat Internet”

  1. Betul setuju sekali,web atau blog merupakan langkah awal saja dalam berisnis online,masih banyak proses yang harus dipelajari mengenai internet marketing,so bagi pebisnis online jangan cepat puas terhadap apa yang telah dicapai,tingkatkan trus pengetahuan tenteng internet marketing agar produk yang kita laku dan banyak pembelinya.

  2. Sebagai Newbie, saya selalu mencari dalam talian untuk artikel yang bisa membantu saya. Terima kasih Wow! Terima kasih! Saya selalu ingin menulis dalam sesuatu laman saya seperti itu. Bolehkah saya mengambil bahagian dari posting anda ke blog saya?

  3. Hanya berfikir saya akan komen dan mengatakan tema besar, adakah anda kod itu untuk diri sendiri? Benar-benar terlihat lebih sempurna!

  4. Apa yang posting bagus. Saya sangat suka membaca jenis atau artikel. Aku bisa? T menunggu untuk melihat apa yang orang lain katakan.

Leave a Reply

 
SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline